Jumat, 24 Februari 2017

Manfaat Pendidikan Anak Usia Dini Menurut Para Ahli

Salah satu manfaat pendidikan anak usia dini (PAUD) yang tak kalah pentingnya adalah untuk mendukung perkembangan sikap emosi atau sosio emosi dari segi komunikasi dan bahasa. Ini sesuai dengan tahapan perkembangan menurut elompok usia yang nantinya dilalui oleh anak usia dini. Para ahli mengungkap bahwa pendidikan ini mempengaruhi karakteristik anak itu sendiri. 
 
Beberapa karakteristik anak antara lain pribadi yang unik, suka dengan dunia fantasi dan imajinasi, mempunyai keingintahuan yang sangat besar dan mempunyai egosentris yang besar. Selain itu, anak-anak merupakan masa potensial untuk belajar, sehingga harus ada pendidikan anak usia dini secara maksimal. Anak juga mempunyai tingkat konsentrasi yang pendek dan termasuk bagian dari maklhuk sosial. 
foto:duniaanak.org

Setipa orang tua diharapkan memahami karakteristik-karakteristik anak tersebut. Dengan demikian orang tua bisa membentuk kepribadian dan mendukung perkembangan anaknya menjadi pribadi yang baik. Pendidikan anak usia dini yang baik dan ideal adalah harus sudah dimulai sejak lahir melalui cara pendekatan ilmiah. Menurut para ahli, mengajurkan para orang tua memberikan kebebasan kepada anak-anaknya sesuai bakatnya. 

Jika telah seperti itu, Anak dapat menjadi dirinya sendiri dan mampu mengeluarkan potensi yang ada dalam dirinya secara maksimal. Selain itu, peran pendidikan agama dalam pendidikan anak usia dini adalah salah satu hal terpenting dan mesti selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Pendidikan agama ini membuat anak lebih jeli dalam membedakan mana yang benar dan mana yang salah. 

Anak yang diberikan pembelajaraan soal agama akan lebih cerdas dalam bertingkah laku. Adapun tujuan utama pendidikan anak usia dini yakni menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas dan tumbuh berkembang menurut tingkat perkembangannya. Sehingga nantinya, si anak mempunyai kesiapan dalam menghadapi kehidupan pada masa dewasanya kelak. 

Pendidikana anak usia dini yang dilakukan di masa usia emas atau yang biasa deisbut dengan golden age sangatlah penting. Sebab, pada masa ini seluruh potensi yang ada di dalam dirinya sedang tubuh, berkembang dan peka. Jika dibarengi dengan pendidikan yang tepat, tentu bisa mewujudkan seorang anak yang cerdas, hebat dan mampu bersosialisasi di masyarakat. 

Itulah manfaat dari pendidikan anak usia dini menurut para ahli yang bisa menjadi pedoman bagi Anda saat mendampingi anak belajar. Sebagai orang tua kita harus mengerti dan paham akan cara-cara yang tepat dalam membimbing anak sesuai dengan karakternya.

Tidak ada komentar:
Write komentar