Selasa, 06 Juni 2017

Penyimpanan ASI Perah: Botol atau Kantong ASI?





Bagi para ibu yang memiliki berbagai kesibukan di luar rumah namun igin bisa memberikan ASI ekslusif pada sang buah hati, mereka seringkali dilema untuk memilih wadah penyimpanan ASI perah mereka apakah dengan menggunakan kantong ASI atau botol. Tentu saja, pemilihan wadah yang tepat akan bisa menjaga kualitas ASI perah tersebut hingga dipergunakan dan disusukan kepada si kecil. Tujuan yang baik ingin memberikan ASI ekslusif kepada si kecil pastinya juga harus diimbangi dengan pemilihan wadah penyimpanan ASI perah yang aman dan baik pula. Hal ini yang mungkin menjadi kegelisahan serta kebingungan bagi para ibu yang sekaligus wanita karir.


Pahami Kelebihan dan Kekurangan Botol ataupun Kantong ASI sebelum Memilih

Tentu saja, ketika Anda dihadapkan pada dua pilihan, Anda sebaiknya tidak mengambil keputusan secara terburu-buru apalagi untuk tujuan mulia yaitu memberikan ASI ekslusif kepada buah hati. Sebelum Anda memutuskan jenis wadah penyimpanan ASI perah yang seperti apa yang aman dan tepat apakah botol ataupun kantong ASI, Anda sebaiknya mempertimbangkan dan memahami apa saja kelebihan serta kekurangan dari masing-masing jenis wadah tersebut. Dengan demikian, Anda bisa mengambil keputusan terbaik untuk memberikan ASI terbaik bagi sang buah hati.

Untuk wadah penyimpanan ASI perah dalam bentuk botol dinilai bisa menjadi pilihan yang cukup tepat apalagi saat ini tersedia botol Asi yang memang dirancang untuk menyesuaikan dengan bentuk dan sistem pompa ASI. Dengan demikian, Anda bisa melakukan proses pemompaan ASI langsung ke dalam botol tersebut yang kemudian disimpan di lemari pendingin.  Kelebihan lain penggunaan botol dibandingkan kantong ASI adalah botol ini bisa dipalai ulang dan hal ini pastinya jauh lebih praktis untuk digunakan karena Anda tak perlu memindahkan ASI perah yang disimpan tersebut saat akan dipergunakan. Kelebihan lainnya adalah penggunaan botol ASI ini dinilai cukup efektif karena dalam proses pemompaan tidak akan ada ASI yang terbuang. Botol Asi ini juga lebih higienis dan bebas kontaminasi. Apalagi, saat ini banyak perangkat lemari pendingin yang juga dilengkapi dengan rak khusus penyimpanan botol ASIP. Namun, penggunaan botol ini juga kurang efektif dalam penyimpanan karena membutuhkan banyak ruang dibandingkan wadah kantong ASI. Secara harga pun, botol Asi juga memiliki harga yang lebih mahal dibandingkan wadah kantong.

Di sisi lain, penggunaan wadah penyimpanan ASI perah berupa kantong pun memiliki beberapa kelebihan. Kantong yang digunakan untuk menyimpan ASI perah pastinya tidak sama seperti kantong plastik umumnya. Kantong ini memang dirancang khusus untuk wadah menyimpan ASI perah dan terbuat dari bahan plastik yang tebal dan BPA-free sehingga aman untuk digunakan. Selain itu, wadah penyimpanan ASI berbentuk kantong ini juga lebih menghemat ruang penyimpanan. Bahkan, kantong khusus untuk ASI bisa tahan terhadap suhu panas sehingga proses pencairan ASI perah pun bisa lebih cepat. Namun, penggunaan kantong ini hanya untuk sekali pakai sehingga tidak bisa digunakan kembali. Kekurangan lainnya adalah kantong ini juga sangat rentan bocor dan sulit untuk dituangkan. Dengan beberapa pertimbangan tersebut, apakah Anda sudah memutuskan untuk memilih botol atau kantong ASI untuk menyimpan ASI perah bagisi kecil?

Tidak ada komentar:
Write komentar