Sabtu, 07 Juli 2018

5 Bahaya Air Cooler Untuk Kesehatan


Apa itu air cooler? Secara pengertian, air cooler merupakan alat pendingin ruangan yang bekerja memakai prinsip fisika penguapan. Air cooler menggunakan bahan alami air untuk menurunkan suhu udara sekitar. Sebagai alat alternatif AC yang lebih murah dan efisien, air cooler juga dicari karena sangat portabel atau mudah dipindahkan.

Bahaya Air Cooler

Meskipun pemakaian air cooler dinilai lebih sederhana dan aman, tetapi tetap saja ada potensi bahaya yang perlu Anda ketahui sebelum mengoperasikannya. Memperhatikan hal-hal sederhana di bawah ini bisa membantu Anda memakainya dengan lebih baik.
      1.       Mengganggu Sistem Pernafasan Jika Tidak Ada Ventilasi
Air cooler kurang cocok jika ditaruh pada ruangan tertutup. Tidak seperti AC, air cooler lebih baik bekerja di ruangan terbuka atau semi terbuka. Air cooler memerlukan sirkulasi udara alami untuk menurunkan temperatur karena tidak memakai bahan kimia pendingin seperti freon pada AC. Ruangan tertutup justru membahayakan karena air cooler menggunakan air untuk mendinginkan udara dan ini meningkatkan kelembaban. Udara yang banyak mengandung air tidak baik bagi penderita asma dan mengurangi kadar oksigen dalam ruangan. Selain itu juga bisa menyebabkan flek pada paru-paru.

       2.       Menyebabkan Alergi Jika Tidak Dibersihkan
Filter udara dan tangki air yang kurang bersih bisa menimbulkan masalah pernafasan. Debu dan kotoran tidak disaring dengan baik oleh air cooler sehingga menyebabkan alergi yang juga bisa memicu serangan asma. Gangguan ringan biasanya dalam bentuk bersin dan batuk, jadi jika Anda merasa dalam keadaan sehat namun mengalami gejala tersebut, sebaiknya periksa air cooler Anda. Ini terjadi terutama karena Ada banyak kuman yang ada di dalam tanki air dan filter air cooler tersebut.

       3.       Bikin Gerah Pada Ruangan Tertutup Rapat
Menggunakan air cooler terus menerus apalagi di dalam ruangan tertutup dan kurang ventilasi bisa menyebabkan terganggunya sistem tubuh. Anda bisa merasa pusing dan mual, atau masuk angin (apalagi jika semburan air cooler langsung mengarah ke tubuh) dan juga flu. Kadar oksigen rendah karena kurangnya sirkulasi udara segar mengganggu pendistribusian oksigen ke otak dan mengirim sinyal serta menimbulkan kegarahan yang tidak nyaman. Makanya harus ada ventilasi atau pintu terbuka di tempat Anda menggunakan air cooler.

       4.       Mempermudah Perkembangbiakan Bakteri
Air cooler tidak efektif digunakan pada suhu dengan kelembaban tinggi. Air cooler menggunakan air untuk mendinginkan ruangan dan kelembaban hanya bisa diminimalkan dengan kondisi ruang terbuka. Menggunakan air cooler pada kelembaban tinggi memberikan kesempatan untuk berkembang biaknya bakteri dari radikal bebas seperti kotoran dan debu yang masuk melalui lubang ventilasi udara. Bakteri ini melekat pada dinding atau perabotan rumah tangga sehingga meningkatkan kemungkinan kontaminasi jika tersentuh tangan dan masuk ke dalam tubuh. Ruangan harus dijaga tetap bersih bebas sampah dan hindari merokok dalam ruangan.

       5.       Kondisi Ruangan Yang Bau Dan Sumpek
Pemakaian air cooler yang efektif dan maksimal ada pada tempat-tempat yang mempunyai ruang terbuka dan mempunyai aliran udara cukup baik (bebas). Ruangan yang kurang besar juga mempengaruhi kinerja air cooler. Jika air cooler tidak berfungsi dengan baik, justru bisa menimbulkan gangguan kesehatan. Pakaian dan peralatan rumah tangga lain yang berbahan kain juga bisa apek karena udara ruangan banyak mengandung air. Makanya Anda harus rajin-rajin bersih-bersih.

Air cooler dan kebanyakan peralatan elektronik harus digunakan sesuai petunjuk pemakaian, coba Anda baca tulisan ini mengenai pengertian air cooler. Setiap pabrik biasanya sudah menyertakan cara pemakaian dan perawatan yang baik. Tujuannya agar alat tersebut memiliki usia pakai yang panjang. Namun yang terlebih penting adalah dari aspek keselamatan dan kesehatan. Pelajari dengan baik dan hindari pemakaian yang tidak semestinya. Untuk menghindari kecelakaan kerja maupun rumah tangga yang tidak seharusnya terjadi.

Tidak ada komentar:
Write komentar